Cloud Computing Atau Komputasi Awan

Apa itu Cloud Computing /  Komputasi Awan?

Cloud Computing secara harfiah berarti memiliki daya komputasi tambahan opsional yang tersedia pada pemberitahuan jangka pendek melalui jaringan komputer sering melalui internet. Umumnya Cloud Computing mengacu pada berbagai konsep komputasi yang melibatkan sejumlah besar komputer yang terhubung melalui jaringan komunikasi real-time seperti Internet.

Cloud Computing adalah sinonim untuk komputasi terdistribusi melalui jaringan dan berarti kemampuan untuk menjalankan program atau aplikasi pada banyak komputer yang terhubung secara bersamaan. Cloud Computing dapat didefinisikan sebagai konsep bagi organisasi / bisnis untuk menyediakan Layanan IT scalable / bayar per penggunaan. Maka tidak lagi konsep IT, tetapi konsep bisnis.

Jenis – Jenis

Cloud Computing atau Komputasi awan biasanya dijelaskan dalam satu dari dua cara. Baik berdasarkan model penyebaran, atau pada layanan yang ditawarkan oleh cloud itu sendiri.

Berdasarkan model penyebaran, yaitu:

  • Publik,
  • Pribadi
  • Hibrida
  • Cloud Komunitas

Berdasarkan layanan yang ditawarkan oleh model cloud, yaitu:

  • IaaS (Infrastruktur sebagai Layanan)

Layanan cloud IaaS Memberikan aspek dasar dari computing kepada user, antara lain storage, jaringan serta prosessor. Infrastruktur cloud model ini tergantung pada virtualisasi.

  • PaaS (Platform-sebagai-a-Layanan)

User diberikan platform sebagai pengembangan hingga implementasi sistem. Selanjutnya user membuat serta mengimplementasikan sistemnya. Tools untuk pengembangan biasanya tersedia dalam bentuk web application.

  • SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan)

Model ini memberikan sebuah aplikasi bisnis kepada user yang bisa diakses melalui web. User menggunakan sistem sewa aplikasi agar bisa mengakses fitur yang ada. Dan untuk mengakses lebih banyak fitur user bisa membayar biaya tambahan. Misalnya: Salesforce (customer relationship management), Google (Email, Google Doc), Yahoo (Email), dan Zoho (Collaboration Application).

Keuntungan dan Manfaat

  1. Biaya modal usaha untuk biaya variabel

Daripada harus banyak berinvestasi dalam pusat data dan server sebelum tahu cara menggunakannya, Anda bisa membayar hanya saat Anda mengkonsumsi sumber daya komputasi, dan hanya membayar seberapa banyak yang Anda konsumsi.

  1. Manfaat dari skala ekonomi masif

Dengan menggunakan komputasi cloud, Anda bisa mendapatkan biaya variabel lebih rendah daripada yang bisa Anda dapatkan sendiri. Karena penggunaan ratusan ribu pelanggan dikumpulkan di cloud, penyedia layanan seperti Amazon Web Services dapat mencapai skala ekonomi yang lebih tinggi, berujung pada harga sesuai penggunaan, dengan biaya pembayaran yang lebih rendah.

  1. Berhenti menebak-nebak kapasitas

Tak perlu menebak kebutuhan kapasitas infrastruktur Anda. Jika Anda membuat keputusan kapasitas sebelum menerapkan aplikasi, seringkali sumber daya menjadi tidak efektif dan berbiaya tinggi, atau Anda menjumpai masalah dengan keterbatasan kapasitas. Dengan komputasi cloud, berbagai masalah ini akan hilang. Anda dapat mengakses sebanyak atau sesedikit yang dibutuhkan, dan meningkatkan atau menurunkan kapasitas seperlunya hanya dengan pemberitahuan beberapa menit sebelumnya.

  1. Meningkatkan kecepatan dan fleksibilitas

Dalam lingkungan komputasi cloud, sumber daya IT baru hanya tinggal diklik saja, mengurangi waktu Anda untuk menyediakan sumber daya bagi pengembang Anda, dari yang tadinya memerlukan waktu berminggu-minggu menjadi htungan menit. Hal ini sangat meningkatkan fleksibilitas bagi organisasi, karena biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk bereksperimen dan berkembang akan berkurang jauh.

  1. Berhenti menghambur-hamburkan uang untuk menjalankan dan memelihara pusat data

Fokus pada proyek yang membedakan bisnis Anda, bukan pada infrastruktur. Komputasi cloud memungkinkan Anda berfokus pada pelanggan, bukan pekerjaan berat seperti menempatkan, menumpuk, dan mengurus server.

  1. Merambah global dalam hitungan menit

Menerapkan aplikasi Anda dengan mudah di beberapa wilayah di seluruh dunia, hanya dengan beberapa klik. Ini berarti Anda dapat memberikan latensi yang lebih rendah dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda dengan mudah dan dengan biaya minimal.

 

Source :

https://aws.amazon.com/id/what-is-cloud-computing/

www.robicomp.com/pengertian-layanan-cloud-iaas-dan-keuntungannya.html

www.globaldots.com/cloud-computing-types-of-cloud/

www.dragon1.com/terms/cloud-computing-definition