Perkembangan Dan Jenis Aplikasi Pada Google Play

Hari ini kita dihadapkan dengan dunia yang di mana internet menjadi sebuah media yang sangat mempengaruhi semua aspek kehidupan kita dan mencangkup hampir keseluruh bidang, dari mulai kehidupan sosial, pekerjaan, keperluan pribadi hingga kesehatan personal. Sebagai media, internet akan banyak sekali membantu dalam semua aspek kehidupan kita, dan sebaliknya akan menjadi jenis ketergantungan baru terhadap kondisi mental personal jika penggunaan nya tidak tepat sasaran.

Internet kian hari perkembangan nya semakin pesat, itu terjadi karena hari ini pertukaran informasi masal dapat berlangsung dalam hitungan detik, sehingga memungkinkan ide – ide baru lahir setiap saat, seperti para pelaku yang berkecimpung pada bidang teknologi informatika yang pada Juni 2013 silam google telah merilis pernyataan bahwa sudah ada 1 juta applikasi yang sudah diciptakan untuk platform android, sedangkan puncaknya terjadi pada maret 2018 silam, applikasi yang telah diciptakan dan dipasarkan melalui platform google play mencapai 3,6 juta applikasi, ini sama seperti rata – rata apps yang diciptakan dan dipasarkan melalui google play adalah 1.940 applikasi per hari nya.

Dari beberapa applikasi yang diciptakan tersebut pihak google sendiri membagi nya dalam beberapa kategori seperti  : Finance, lifestyle, social , productivity, health, business, comics, dsb. Dari jumlah yang aplikasi yang tersedia pada google play terdapat aplikasi yang berbayar, gratis dan aplikasi yang di batasi penggunaanya.

  1. Aplikasi Berbayar

Biasanya aplikasi yang berbayar termasuk aplikasi yang pada umumnya aplikasi tersebut kegunaannya dibutuhkan oleh kalangan professional dalam bidangnya masing – masing.

Contoh :  eDrawings Solidworks , Sketch Box Pro (Easy Drawing), dsb

 

  1. Aplikasi Gratis

Aplikasi ini biasanya applikasi perantara yang fungsinya untuk menghubungkan peer to peer transaksi, sehingga keuntungan yang didapat perusahaan pembuat aplikasi dari komisi yang di lakukan oleh para pengguna aplikasi tersebut.

Contoh : go-jek, Bukalapak, Lazada, dsb

 

  1. Aplikasi Terbatas

Aplikasi ini Biasanya aplikasi yang awalnya pengguna dapat menikmati manfaat dari aplikasi tersebut akan tetapi aplikasi tersebut menutup beberapa fasilitas nya hanya untuk pengguna yang berbayar. Semakin hari aplikasi dengan jenis ini semakin banyak daripada jenis – jenis lain nya.

Contoh : Bukalapak dengan fasilitas push promote nya, PUBG dengan fasilitas UC nya, dsb.

 

Source :

https://mashable.com/2013/07/24/google-play-1-million/#smbL3jTU_iqF

https://www.statista.com/statistics/266210/number-of-available-applications-in-the-google-play-store/

https://play.google.com/store