Perkembangan Teknologi Dan Hardware

Teknologi kian hari perkembangan nya semakin pesat, itu terjadi karena hari ini pertukaran informasi masal dapat berlangsung dalam hitungan detik, sehingga memungkinkan ide – ide baru lahir setiap saat, seperti para pelaku yang berkecimpung pada bidang teknologi informatika yang pada Juni 2013 silam google telah merilis pernyataan bahwa sudah ada 1 juta applikasi yang sudah diciptakan untuk platform android, sedangkan puncaknya terjadi pada maret 2018 silam, applikasi yang telah diciptakan dan dipasarkan melalui platform google play mencapai 3,6 juta applikasi, ini sama seperti rata – rata apps yang diciptakan dan dipasarkan melalui google play adalah 1.940 applikasi per hari nya.

Seperti Hal Applikasi dan Internet, Pekembangan Perangkat Keras Hardware Semakin Hari Semakin Cepat, Seperti I/O Ports dan I/O Unit nya berkembang sangat pesat beriringan dengan berkebambangnya teknologi. Seperti kita tahu 10 tahun yang lalu untuk I/O Ports sangat beragam jenisnya tergantung dengan fungsi nya, kini jenis yang sering di gunakan tersebut mengkerucut jenis nya dikarenakan saat ini perangkat yang sebegitu kecil tapi meluas kegunaan nya, berbeda dengan Jenis I/O Ports, Unit Device I/O Justru Kian hari semakin beragam saja.

Perkembangan I/O Ports

Kembali kepada 10 tahun kebelakang I/O port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit system dengan piranti diluar, sebagai contoh, port untuk menghubungkan camera digital, monitor, mouse dsb.

Port dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu :

  1. Port Serial
  2. Port Parallel
  3. Port USB
  4. Port SCSI
  5. Port Infra Merah

Sedangkan Pada Saat Ini Port – Port tersebut Jenis nya semakin mengecil akan dikarenakan perkembangan teknologi tersebut dan kali ini port – port kontak yang langsung menggunakan dua modul yang dihubungkan semakin lama semakin sedikit peminat nya, teknologi I/O port pada hari ini yang sangat populer digunakan, mudah dalam pemakaian dan harga yang semakin terjangkau, beberapa jenis I/O ports yang sedang populer seperti :

1. Bluetooth

Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan.

2. Wi-Fi

Wi-Fi dalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggiWi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai “produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11″

3. NFC (Near Field Communication)

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja.

Perkembangan I/O Unit Device

Seperti yang sudah dibahas perkembangan I/O unit device berbeda dengan jenis I/O Ports, perkembangan I/O unit Device Semakin Hari Semakin beragam seperti beragam nya Mouse, Keyboard, Layar Monitor yang sekarang yang tidak hanya sebagai output device tapi juga input device dengan adanya Touchcreen, sehingga fungsi nya menjadi I/O unit device. Seperti Teknologi Touchscreen, kali ini sudah populer printer 3in1 yaitu Printer yang tidak hanya mencetak dokumen yang berada dalam softcopy yang merukapan fungsi nya sebagai Output Device, kini printer 3in1 pula di lengkapi scanner yang berfungsi sebagai Input device, sehingga awalnya printer ini hanya bagian dari kelompok output device, kini printer 3in1 bisa di kelompokan sebagai I/O Unit Device. Dan banyak lain sebagai nya.

Pada perkembangan teknologi pun salah satu brand ternama di bidang teknologi pada tahun ini yaitu apple selalu menghadirkan konsep – konsep gadget yang akan menjadi trend di masa yang akan datang. seperti video iphone concept ini.

Print Friendly, PDF & Email